Art is a form of expression, a language, and a medium to tell stories. But the ironic thing is: art is something that falls between wanting to be understood and wanting to keep it a secret. Because what they tend to do is they symbolize things (object, emotions, verb?, …

Kepada malam hari yang dipenuhi dengan suara sirine ambulance,
kepada notifikasi hp yang tiap saatnya memberi kabar duka,
dan kepada suara dering tunggu telpon rumah sakit yang tak kunjung dijawab.

Kapan engkau berakhir, wahai virus bajingan?

— Tertanda warga yang mengira bahwa semua ini hanya berlangsung selama 2 minggu

Pada suatu masa ketika pesawat terbang, balon udara, dan layang-layang belum ditemukan, hiduplah seorang laki-laki yang mendedikasikan hidupnya untuk memandangi langit. Siang dan malam ia habiskan untuk memandangi langit. Panasnya matahari dan dinginnya malam bukan halangan baginya. Pokoknya, apapun yang terjadi, dia terus memandangi langit. Titik.

Diantara semua jenis langit…

https://pin.it/4Sqh2BS

Malam itu satu lagi air mata terjatuh di atas selembar kertas. Mengutuk sebuah nama yang sama tiap malam. Nama yang…aduh lagi-lagi menyakitinya. Tiap perempuan itu mencipta suatu rangkaian kata-kata indah berima (atau tidak), satu dari kamipun terlahir.

Jumlah kami naik pesat ketika si laki-laki sialan itu hadir di hidupnya. Hampir tiap malam ia menangis sembari menulis puisi. Sekarang dinding-dindingnya telah dipenuhi kata-kata menyedihkan nan indah itu. Andai ibu kos memperbolehkan laki-laki itu bertamu ke kamar perempuan malang ini barang sekali saja. Hanya untuk menyaksikan pameran naas ini, mungkin mereka akan berhenti tersakiti dan saling menyakiti.

Tapi entahlah, mungkin perempuan ini juga sudah kurang waras. Lupa kalau kamarnya ini hanya berukuran 3x3. Di mana lagi ia akan memajang kami? Dilangit-langit? Dilantai? Dan sampai kapan ia memberi kami nyawa dengan menyakiti dirinya sendiri?

Tulisan ini adalah bagian dari tulisan rutinitas menulis bulanan bersama teman-teman Ruang Maya dengan tema Puisi.

Kadang rasanya aku ingin menanggalkan segala tittle dan idealisme hidupku. Segala ajaran yang ditanam oleh guru-guru pertamaku, supaya aku tau benar dan salah. Tapi apalah salah dan benar bagi manusia postmo ini? Yang apa-apa serba tentang perspektif.

Lama-lama bahkan menyiksa orang lain adalah masalah perspektif dan alasan. Lucu. …

It's still 2.30 in the morning, yet here I am in a taxi with some music: Chop Suey! from System of The Down. Well, such a racket song in a mellow 3 am on an empty road.

"Biar gak ngantuk ka" he said.

He's not wrong consider the first verse…

Radiva N. Nabila

Overloading thoughts and everything in between

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store